Soto Ayam Bening Khas Boyolali, Resep Asli Jawa Tengah

Soto Ayam Bening Khas Boyolali, Resep Asli Jawa Tengah
Soto Ayam Bening Khas Boyolali, Resep Asli Jawa Tengah

Soto Ayam Bening Khas Boyolali, Resep Asli Jawa Tengah – Pernah main kah bunda ke Boyolali ? Atau ada yang asli dari sana ? Boyolali merupakan kota yang terletak di Jawa Tengah. Walaupun terkenal akan kota penghasil susu terbaik, Boyolali memiliki racikan bumbu khas yang digunakan dan disajikan dalam bentuk kuliner soto.

Pernah makan Soto Boyolali ? Soto Mbok Giyem ? Soto Ndelik Boyolali ?

Kalau bunda sadar, setiap bunda melewati kota dengan simbol, “Boyolali Tersenyum”. Di sepanjang pinggir jalan ataupun di gang – gang kecil pasti dapat ditemui abang tukang soto. Gak percaya ? Coba aja bun puterin kota Boyolali.

Jangan salah….

Soto yang dijual juga bukanlah soto yang biasa – biasa saja. Percaya gak percaya, setiap warung soto yang ada di Boyolali memiliki racikan bumbunya masing – masing. Ketika menikmati soto Boyolali rasa yang hangat akan begitu terasa melebur ke dalam tubuh. Tentu karena racikan bumbu rahasia yang dihadirkan dalam bumbu soto ini bukanlah bumbu yang main – main.

Warnanya bening tapi….

Ciri khas dari soto kota sapi ini bisa kita lihat dari kuahnya. Soto Boyolali memiliki kuah yang bening. Anehnya, ketika bunda mencicip kuah soto ini. Rasanya beneran berasa sedap dan mantap. Olahan rempah – rempah benar – benar melengkapi rasa kaldu ayam yang samar – samar berputar di lidah. Makanya bun banyak warung soto yang namanya, “Soto Sedap” kan  ?

Apa harus ke Boyolali untuk mencicip kuah bening soto ini ?

Gak kok bun… Kalau bunda mau kita bisa coba resep dan kuci rahasia kuah bening soto boyolali ini di dapur sendiri.

Susah gak masaknya yah ?

Demi Allah bun, please banget semua masakan itu gampang kok asal niat kita untuk dimakan bersama keluarga tercinta. Hehehe.

Langsung yah bun kita ke dapur !!!

Bahan – bahan Soto Ayam Bening Khas Boyolali :

Bumbu halus untuk bahan soto ayam :

  • 4 butir bawang merah (brambang)
  • 2 ruas jari jahe
  • 2 ruas jari kunyit
  • 4 butir kemiri
  • 3 siung bawang putih

Mau tau bedannya Soto Boyolali dengan Soto Medan ? Klik disini

Bahan utama Soto Ayam Bening :

  • 250 gr daging ayam
  • 1 bungkus soun
  • 1/2 kg toge untuk soto
  • 5 gelas air putih seukuran gelas dewasa
  • 3 lembar daun jeruk
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya gula pasir
  • 2 batang sereh
  • 2 lembar daun salam
  • 3 ruas jari lengkuas
  • 2 sdm minyak sayur
  • 1 buah jeruk nipis
  • Secukuonya merica bubuk
  • Bumbu penyedap rasanya sungguh indah.
  • Bawang goreng untuk taburan

Saatnya memasak Soto Ayam Bening :

  1. Pertama, cuci ayam hingga bersih. Apabila bunda membeli yang sudah bersih. Langsung saja rebus ayam hingga airnya mendidih.
  2. Geprek lengkuas dan sereh, kemudian masukkan bersamaan dengan daun salam ke dalam panci.
  3. Setelah ayam matang, angkat kemudian suwird – suwir ayam kecil – kecil. Sisihkan yah bun. (Waspada si kecil biasanya nyomot. Hehe) Oiya air rebusan ayam jangan dibuang yah bun.
  4. Ulek dan hancurkan sampai halus bahan – bahan yang sudah kami tulis untuk bumbu halus. Sudah bun ? Usahakan sampai halus yah ulekannya.
  5. Panaskan minyak, kemudian tumis bumbu halus hingga berbau harum. Jangan gosong yah.
  6. Rebus kembali air kaldu sisa rebusan ayam. Tuangkan kembali daging ayam yang tadi kita sisihkan.
  7. Masukkan tumisan bumbu halus, kemudian aduk semuanya secara merata.
  8. Tambahkan merica bubuk, gula pasir, garam halus, serta penyedap rasa. Aduk kemudian cicip yah bun. Kalau ada yang belum sesuai selera bunda bisa tambahkan lagi bumbunya.
  9. Tunggu hingga air mendidih. Saran kami gunakkan api kecil saja untuk memasak. Karena kematangan dan nikmatnya bumbu akan lebih berasa.
  10. Jika sudah matang, sekarang kita rebus soun terlebih dahulu. Soun sudah matang ?
  11. Ambil mangkuk, kemudian tuangkan soun ke dalamnya.
  12. Sekarang siram dengan kuah soto yang berisikan kaldu dan ayam suwir.
  13. Udah liat bun kuahnya ? Beniiingg kan ??!!!
  14. Tinggal tambahin deh jeruk nipis, bawang goreng dan sambal yang pas. Kalau seneng toge, tambahin aja bun. Hehehe.
  15. Selamat menikmati Soto Ayam Bening Khas Boyolali yah bun.

Gampang kan bun cara bikinnya ?? Kalau bunda jalan – jalan ke Boyolali harga soto sangat murah. Mulai dari Rp. 2000 – Rp. 10.000 So ? Gak ada salahnya kalau ke Boyolali nyobaiin sotonya yaaah.

Jempolnya bun di facebook.com/manayaresep

Pencarian terkait : Soto Ayam Bening Khas Boyolali, Resep Asli Jawa Tengah, cara buat soto ayam khas boyolali, kunci masakan boyolali, ciri khas soto boyolali, buat sendiri soto bening ala boyolali

About Alka Manaya 92 Articles
Howdy, I’m alka. I’m living in Central Java, Indonesia. Alka is not my real name, but everybody call me using this name. So, what can i do ? I am a fan of food, cooking, and writing. I’m also interested in reading and technology. Happy reading, happy writing and very nice to see you on my articles. Ooops... I forgot this one. If you want to chat me by personal, just email me on admin@manayaresep.com or aldygdl@manayaresep.com As soon as possible i will reply your email. Regards, Alka Manaya