Resep Tumis Kerang Pedas Manis

Resep Tumis Kerang Pedas Manis
Resep Tumis Kerang Pedas Manis

Resep Tumis Kerang Pedas Manis – Lama juga gak masak kerang. Sekalinya libur pengen cobaiin lagi nih makan kerang. Dibikin apa yah ? Ditumis aja kali yah bun.

Apa sih manfaat makan kerang ?

Sebelum memasak pasti banyak yang tanya deh, kenapa sih harus menggunakan bahan kerang ? Kerang kan amis dan pengolahannya agak berat. Hemhhh… Bener sih bun, tapi kalau bunda tau manfaat dari kerang sendiri. Dijamin deh bun pasti jadi pengen masak masakan dengan bahan kerang. Di bawah ini beberapa manfaat dari makan kerang :

  • Menjaga kesehatan jantung
  • Mengatasi anemia (kurang darah)
  • Membentuk dan merawat otot (bagus nih bun untuk yang gemar olah raga)
  • Menjaga fungsi sistem saraf

Bunda pusing cari cathering ? Kami menyediakan layanan cathering loohhh…. Klik sini yaah.

Tips kerang ?

Biar lebih aman lagi nih bun, sebelum makan kerang berikut beberapa tips aman untuk mengkonsumsi dan mengolah kerang.

  1. Bagi penderita alergi kerang, jangan makan dan lanjutkan nyicipnnya walaupun enak.
  2. Sebaiknya kerang dimasakn dan direbus sampai matang kurang lebih selama 5 menit atau kalau mau dikukus kurang lebih minimal selama 10 menit.
  3. Jangan makan kerang yang cangkangnya tidak bisa dibuka. Tandanya kerang ini mati sebelum dimasak. Rasanya pasti beda deh bun kalau bunda mau coba.

Sekarang masak yuk bun hehehe

Bahan – bahan Resep Tumis Kerang Pedas Manis :

  • 350 gram kerang darah (cangkangnya langsung dibuang aja bun)
  • 4 siung bawang putih, iris tipis – tipis
  • 5 butir bawang merah, iris tipis – tipis
  • 5 buah cabai merah keriting, potong serong
  • 5 buah cabai rawit merah, potong serong
  • 2 ruas jahe, geprek dan memarkan
  • 3 ruas jari lengkuas, geprek dan memarkan
  • 3 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk, buang bagian tulangnya
  • 250 ml air
  • 3 sdm air asam Jawa
  • 1 sdm saus tiram
  • 3 sdm kecap manis
  • 1 sdm gula jawa
  • 1/2 sdm gula pasir putih
  • 2 sdt garam halus
  • Minyak goreng secukupnya

Saatnya memasak Resep Tumis Kerang Pedas Manis :

  1. Ambil wajan kemudian tuangkan minyak secukupnya. Biarkan minyak panas dengan api sedang. Lanjutkan dengan menumis bawang merah dan bawang putih hingga tercium aroma harum.
  2. Setelah aroma harum keluar, sekarang tambahkan daun salam, daun jeruk, daun jahe, serta cabai merah keriting. Tumis semua bahan hingga terlihat layu.
  3. Lanjut kita tambah kecap manis, saus tiram dan juga gula jawa. Aduk semua bahan sampai tercampur rata. Diamkan sekitar 2-3 menit.
  4. Selanjutnya kita tuang kerang ke dalam wajan bun. Kemudian tambahkan 250 ml air, air asam jawa  dan juga garam halus.
  5. Masak kerang (ungkep) hingga daging kerang empuk dan menyusut. Kalau misalnya air sudah surut tapi kerang belum empuk. Bunda bisa tambahkan sedikit air lagi agar kerang nya empuk. (Gak mau kan makan makanan mentah ?)
  6. Tes rasa bun. Ada yang kurang gak ? Boleh tambah penyedap rasa yah bun kalau memang rasanya masih kurang.
  7. Sudah cocok semua ? Tuangkan ke piring saji dan hidangkaan deeeehhh.

Enak gak bun ?? Gampang kan bun bikin kerang sendiri ?? Kalau beli di luar mahal yaaah ? Jangan lupa likenya yah di facebook.com/manayaresep

Pencarian terkait : Resep Tumis Kerang Pedas Manis, cara tumis kerang darah, bikin kerang pedas manis, resep kerang pedas manis, manfaat kerang, tips makan kerang

About Alka Manaya 92 Articles
Howdy, I’m alka. I’m living in Central Java, Indonesia. Alka is not my real name, but everybody call me using this name. So, what can i do ? I am a fan of food, cooking, and writing. I’m also interested in reading and technology. Happy reading, happy writing and very nice to see you on my articles. Ooops... I forgot this one. If you want to chat me by personal, just email me on admin@manayaresep.com or aldygdl@manayaresep.com As soon as possible i will reply your email. Regards, Alka Manaya