Resep Sambal Dadak, Sambal Pedas Khas Sunda

Resep Sambal Dadak, Sambal Pedas Khas Sunda
Resep Sambal Dadak, Sambal Pedas Khas Sunda

Resep Sambal Dadak, Sambal Pedas Khas Sunda –  Pernah denger sambal dadak bun ? Hihi. Pasalnya sambal ini diberi nama dadak karena memang proses pembuatannya mendadak.

Sambal Dadak merupakan sambal khas Sunda. Diantara berbagai sambal khas Indonesia, sambal dadak salah satu sambal yang tergolong memiliki rasa pedas. Yah, walaupun sebenernya bunda bisa atur sendiri sih tingkat rasa pedasnya sambal dadakan bunda.

Baca juga tips kupas kulit bawang, biar gak cerambai disini……

Sambal Dadak memiliki rasa khas pedas dan gurih ala Sunda. Sesuai namanya yang mengandung unsur mendadak, sambal dadak bisa dibuat dengan cepat bun. Tidak memerlukan waktu lama dan dengan bahan – bahan yang tidak sulit untuk dicari. Nah, daripada kita penasaran dengan gimana sih cara buat sambal dadak. Kita langsung cusssss ke dapur yah bun…

Bahan – bahan untuk Resep Sambal Dadak, Sambal Pedas Khas Sunda :

  • 5 butir bawang merah
  • 1 buah tomat merah segar
  • 4 buah cabe rawit merah
  • 4 buah cabe merah besar
  • 1 sdt garam halus
  • 1 sdt terasi bakar
  • 2 sendok gula merah yang dilelehkan
  • 1/2 sdt air jeruk limau (supaya rasanya lebih segeer bun)

Saatnya kita buat Resep Sambal Dadak, Sambal Pedas Khas Sunda

  1. Pertama – tama kita siapkan bahan yang sudah kami tulis di atas yah bun. Mencuci sambel dan bawang juga dapat mengurangi rasa pedih di mata ketika nanti bunda sudah masuk ke tahap ngulek sambel. Hehe.
  2. Supaya bersih, cuci dulu semua bahannya yah bun. Jangan lupa peralatan seperti cobek (tempat uleg) juga dicuci.
  3. Masukkan secara bertahap bahan – bahan ke dalam cobeg. Usahakan satu persatu agar bunda tidak kesulitan dalam menggilas semua bahan.
  4. Kalau bunda suka, bunda bisa haluskan hingga biji – biji cabai tidak terlihat (bener – bener ngulek alus => tipe yang disayang mertua). Kalau gak suka, yah dibiarkan kasar aja sesuai selera.
  5. Udah bun ? Sajikan deh bersama nasi dan lauk. Santaapppp deeehh !!!!!

Gitu deh bun cara bikin Sambal Dadak khas Sunda yang bisa dimasak dengan dadakan. Gampang kan ? Bahannya juga pasti selalu ada di kulkas kan ? Hihi. Jangan lupa minta jempolnya yah bun di facebook.com/manayaresep

Happy Reading, Happy Cooking yah bunnn….

Pencarian Terkait :
Resep Sambal Dadak, Sambal Pedas Khas Sunda, Resep Sambal Khas Sunda, Resep Sambal Sunda, Sambal Dadak, Macam Resep Sambal Khas Indonesia

About Alka Manaya 96 Articles
Howdy, I’m alka. I’m living in Central Java, Indonesia. Alka is not my real name, but everybody call me using this name. So, what can i do ? I am a fan of food, cooking, and writing. I’m also interested in reading and technology. Happy reading, happy writing and very nice to see you on my articles. Ooops... I forgot this one. If you want to chat me by personal, just email me on admin@manayaresep.com or aldygdl@manayaresep.com As soon as possible i will reply your email. Regards, Alka Manaya