Egg Tofu dengan Saus Tiram Kental

Egg Tofu dengan Saus Tiram Kental
Egg Tofu dengan Saus Tiram Kental

Egg Tofu dengan Saus Tiram Kental – Tofu merupakan makanan yang sekilas mirip tahu. Eh enggak sih, dalam Bahasa Iggris TOFU memiliki arti tahu putih. Tapi bun, kalau di Indonesia tofu sendiri memiliki pengertian tahu telur yang memiliki tekstur sangat lembut.

Kandungan air di dalam tofu sangat banyak. Ini membuat tekstur dari tofu sendir sangat licin nan lembut. Hal ini juga yang suka bikin gemes bun kalau masak tofu, kudu ati – ati biar teksturnya gak pecah hehehe.

Tau gak bun perbedaan mendasar tofu dan tahu putih ?

Tofu dan tahu putih sama – sama dibuat dengan fermentasi kedelai. Tapi secara tekstur sangat jelas antara tahu dan tofu. Kalau tahu lebih keras bun dan gak licin. Karena itulah biasanya sebelum diolah, tofu akan digoreng terlebih dahulu.

Apa aja sih manfaat tofu jika kita konsumsi bun ?

  1. Tofu dapat mengurangi resiko penyakit jantung.
  2. Mengurangi resiko kanker.
  3. Dapat membantu menjaga kesehatan tulang.
  4. Cocok untuk menu diet.
  5. Dapat mencegah anemia.

Untuk manfaat tofu masih banyak lagi kok bun yang belum disebutkan. Hehehe. Boleh kita langsung coba aja resep Egg Tofu dengan Saus Tiram Kental nya ? Go to Kitchen !!!!

Bahan – bahan untuk resep Egg Tofu dengan Saus Tiram Kental :

  • 500 gr tofu (kalau bingung beli dimana, di alfamidi juga ada kok bun)
  • 4 buah jamur hioko kering (bisa juga bunda ganti jamurnya)
  • Minyak goreng (bisa juga diganti mentega)
  • 4 siung bawang putih
  • 2 cm jahe
  • 2 batang daun bawang

Enak juga kayak sembari minum Choco Dinosaurus, klik disini yah….

Bahan untuk Saus Egg Tofu :

  • 2 sdm saus tiram
  • 200 ml kaldu ayam
  • 1 sdm kecap asin
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 sdt tepung maizena (untuk memperkental saus)

Saatnya masak Egg Tofu dengan Saus Tiram Kental :

  1. Pertama kita siapkan bahan – bahannya dulu yah bun. Cincang halus bawang putih, jahe dan juga daun bawang.
  2. Sekarang kita ambil tofu. Untuk mengeluarkan dari plastik bunda harus potong di tengah terlebih dahulu. Setealh itu pencet tofu agar keluar scara perlahan. Jika sudah, potong – potong melintang kurang lebih 2 cm.
  3. Ambil jamur hioko, kemudian rendam dengan air panas. Tiriskan kemudian potong ukuran 1 cm.
  4. Ambil wajan dan mulai panaskan minyak. Goreng tofu sebentar agar tekstur tofu sedikit lebih keras. Gorengnya bentar aja yah bun, jangan sampai berkulit tofunya yah.
  5. Bersihkan wajan, kemudian tuang kembali 2 sdm minyak ke dalam wajan. Tumis bawang putih dan jahe bersamaan,. Tunggu hingga berbau harum dan bawang putih terlihat kekuningan. Lanjut kita tambahkan jamur hioko, kemudian aduk rata.
  6. Tuang bahan – bahan saus ke dalam wajan. Tambahkan sedikit air untuk membuat tepung maizena tercampur. Aduk rata.
  7. Next, bunda bisa masukkan tofu dan juga daun bawang. Masak hingga saus mengental.
  8. Jika sudah, bunda bisa angakat dan sajikan deh selagi hangat.

Gimana bunda rasa tofu nya ? Lumayan juga kan sebagai pengganti tahu. Hehehe. Jangan lupa jempolnya yah bun di facebook.com/manayaresep

Happy sunday cooking 🙂

Pencarian terkait : Egg Tofu dengan Saus Tiram Kental, cara masak tofu dengan kombinasi jamur, mudahnya memasak bahan tofu, trik tofu agar tidak hancur saat dimasak, eggo tofu saus tiram

About Alka Manaya 92 Articles
Howdy, I’m alka. I’m living in Central Java, Indonesia. Alka is not my real name, but everybody call me using this name. So, what can i do ? I am a fan of food, cooking, and writing. I’m also interested in reading and technology. Happy reading, happy writing and very nice to see you on my articles. Ooops... I forgot this one. If you want to chat me by personal, just email me on admin@manayaresep.com or aldygdl@manayaresep.com As soon as possible i will reply your email. Regards, Alka Manaya