Bikin Keripik Sanjai asal Padang

Bikin Keripik Sanjai asal Padang
Bikin Keripik Sanjai asal Padang

Bikin Keripik Sanjai asal Padang – Keripik Sanjai atau Karupuak Sanjai adalah semacam keripik singkong dengan ciri khas bumbu dan rasa khas Kota Padang.  Kalau disini masih jarang banget Rumah Makan Padang yang menyediakan keripik nikmat ini. 

Proses pembuatan keripik sanjai hampir mirip dengan keripik singkong. Singkong nanti akan kita parut dengan bentuk memanjang, kemudian kita kasih bumbu deh sesuai selera bun. Mau jagung manis, keju, asin, manis, atau balado semua bisa aja bun. Tapi di resep kali ini kita bumbuin sesuai dengan rasa aslinya yaaah.

Mungkin ada yang pernah ke daerah Bukit Tinggi (Sumbar) ? Disana Keripik Sanjai jadi oleh – oleh khas yang bunda harus bawa sebagai oleh – oleh. Hehehe.

Biar tambah lengkap ngemilnya bikin es juga yukk

Bicara keripik akan erat dengan waktu santai. Bicara waktu santai so pasti kita harus cari cemilan untuk dinikmati sambil nonton tv. Nah, keripik sanjai ini bisa jadi cemilan yang pas bun untuk menemani waktu santai bunda.

Biar gak semakin penasaran sama wujudnya si keripik sanjai, kita langsung aja yah coba bikin. Cusss ke dapur yuukk !!

Bahan – bahan untuk bikin keripik sanjai asal Padang :

  • 500 gr singkong
  • 1 sdm garam halus
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan – bahan untuk bumbu keripik sanjai :

  • 20 cabai merah
  • 5 sdm gula pasir putih
  • 5 siung bawang putih
  • 1 sdm cuka

Saatnya kita bikin keripik sanjai asal Padang :

  1. Ambil singkong, kemudian cuci bersih. Selanjutnya, potong dan iris tipis yah bun (kayak bikin keripik singkong).
  2. Ambil wadah, dan masukkan singkong yang sudah diiris tipis. Taburkan garam dan biarkan irisan singkong terendam kurang lebih 10 menit.
  3. Sudah ? Sekarang panaskan wajan dan goreng irisan – irisan singkong hingga berwarna kecoklatan. Seharusnya sih bunda tinggal bolak – balik dikit warnanya langsung berubah bun karena tipis. Note : jangan sampai gosong yah (kecuali suka). Angkat dan tiriskan yaaah kalau sudah.
  4. Kita sekarang beralih ke proses pembuatan bumbunya bun. Bunda ambil 20 cabai merah. Kemudian buang semua biji cabainya yaaah.
  5. Sudah ? Sekarang masukkan semua bahan – bahan bumbu ke dalam blender. Lumat dan campur rata semua dengan blender yaah.
  6. Setelah semua bumbu lumat di dalam blender, sekarang tumis bumbu – bumbu tersebut di wajan dengan api sedang sampai matang. Angkat dan tempatkan di wadah yang cukup besar.
  7. Tuangkan irisan singkong yang sudah bunda goreng tadi. Aduk – aduk dengan bumbu agar bumbu menempel ke irisan singkong.
  8. Sudah ? Keripik Sanjai asal Padang siap disajikan deeeh.

Pas banget kan bun untuk jadi cemilan ?? Hihihi. Minta jempolnya yah bun di facebook.com/manayaresep

Pencarian terkait : Bikin Keripik Sanjai asal Padang, cara masak keripik sanjai, menu rumah makan padang harus ada keripik sanjai, cara buat keripik sanjai, resep keripik sanjai padang, cara mudah bikin keripik sanjai untuk cemilan

About Alka Manaya 92 Articles
Howdy, I’m alka. I’m living in Central Java, Indonesia. Alka is not my real name, but everybody call me using this name. So, what can i do ? I am a fan of food, cooking, and writing. I’m also interested in reading and technology. Happy reading, happy writing and very nice to see you on my articles. Ooops... I forgot this one. If you want to chat me by personal, just email me on admin@manayaresep.com or aldygdl@manayaresep.com As soon as possible i will reply your email. Regards, Alka Manaya